Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Mengenal Ciri-ciri Poster

Sama seperti media publikasi lainnya, poster juga memiliki ciri-ciri baik secara umum maupun khusus yang membedakannya dengan media informasi lainnya. Kalau kita melihat poster secara sekilas tentu tidak berbeda dengan brosur, pamplet, atau media pengumuman lainnya. Tapi jika cermati lebih dalam, poster memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Inilah pembahasan singkat mengenai ciri-ciri poster

Source : https://www.flickr.com/photos/apkomindodiy/6194504634/

Apa Sih Poster Itu?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai ciri-ciri poster, ada baiknya kita mengenal dulu apa arti poster itu? Singkatnya poster adalah media pengumuman yang umumnya memadukan antara gambar dan kata-kata yang biasanya dijumpai ditempat-tempat umum seperti sekolah, tempat kerja, mall, pasar, dan tempat-tempat umum lainnya. Poster seharusnya dibuat dengan pesan singkat, jelas, dan padat.

Ciri-ciri Poster

  1. Merupakan sebuah karya seni grafis yang memadukan unsur gambar dan kata-kata yang dibuat diatas kertas yang ukurannya relatif besar dengan tujuan agar lebih mudah dibaca masyarakat.
  2. Pada umumnya poster dipasang ditempat-tempat umum yang ramai oleh lalu lalang masyarakat seperti mal, pasar, alun-alun, dan tempat-tempat ramai lainnya agar banyak dilihat orang.
  3. Poster biasanya dibuat dengan tambahan unsur-unsur warna terang yang kontras, hal ini dimaksud agar menarik pernatian orang-orang untuk membaca pesan yang ada didalam poster tersebut.
  4. Ciri-ciri lainnya yang melekat pada poster adalah bahasanya yang relatif singkat, jelas, dan padat. Ini dimaksud agar pembaca dapat mencerna isi pesan tersebut dalam waktu yang relatif singkat
  5. Poster yang biasanya kita jumpai ditempat-tempat publik umumnya diserta dengan gambar yang menarik seperti desain yang keren, selebriti Hollywood, artis-artis terkenal, dan masih banyak lagi.
  6. Terakhir ciri-ciri poster yang harus diketahui adalah dapat dibaca sambil lalu, hal ini manjadi jawaban mengapa poster dibuat dengan singkat dan jelas, karena agar dibaca cepat sambil lalu.

Syarat dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Poster

Untuk membuat poster yang baik harusnya mengikuti syarat-syarat atau kaidah-kaidah tertentu yang harus diperhatikan. Syarat-syarat sebuah poster antara lain sebagai berikut
  • Bahasa yang digunakan mudah dimengerti banyak orang.
  • Kalimat dalam poster seharusnya singkat, jelas, dan padat.
  • Akan lebih baik jika dikombinasikan dengan gambar yang menarik.
  • Dibuat semenarik mungkin agar enak dilihat
  • Bahan yang digunakan sebaiknya yang bagus dan tidak cepat rusak.
  • Poster ditempatkan ditempat-tempat yang ramai.
Selain ada syarat-syarat tertentu untuk sebuah poster, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah poster. Hal-hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
  • Gambar dibuat dengan mencolok sesuai dengan ide.
  • Kata-kata yang dibuat harus mudah diingat dan efektif.
  • Tulisan dibuat dengan ukuran font yang besar agar mudah dibaca.
  • Poster dipasang ditempat-tempat yang ramai.

0 comments: