Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa poster adalah media yang sangat strategis untuk publikasi, hal ini bisa kita cermati dari banyaknya poster-poster yang terpampang jelas ditempat-tempat umum seperti mall, pasar, alun-alun, dan lain-lain. Mempublikasi sesuatu dengan poster juga relatif lebih murah ketimbang dengan publikasi dimedia-media elektronik seperti radio, televisi, website dan sebagainya. So, sudah terbukti bahwa poster adalah media publikasi yang strategis, dan ini pembahasan singkatnya.
Source : https://www.flickr.com/photos/jbql/11700997186/
Kenapa poster disebut media publikasi yang strategis?
Sudah sejak dulu poster digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat umum, saat itu media elektronik masih minim sekali, tidak ada televisi, radio ataupun internet seperti zaman sekarang. Walaupun demikian, poster terbilang handal dalam mempublikasikan sesuatu kepada khalayak ramai. Dan inilah beberapa alasan kenapa poster disebut sebagai media publikasi yang strategis
- Pada umumnya poster dipasang ditempat-tempat umum yang notabene banyak dilalui masyarakat luas sehingga kemungkinan besar pesan akan tersampaikan kepada khalayak ramai yang membacanya.
- Poster dibuat dengan singkat, jelas, padat, dan menarik dengan perpaduan antara gambar dan kata-kata sehingga hal ini mudah dicerna oleh pembaca (informasinya tersampaikan kepada pembaca).
- Poster merupakan media publikasi yang relatif murah dibandingkan dengan media-media lainnya seperti iklan televisi, radio, dan website. Hal ini sangatlah penting,utamanya untuk perusahaan.
Lalu, apa tujuan pembuatan poster?
Secara umum poster tidak berbeda dengan media-media lainnya yang fungsinya untuk menyampaikan informasi dari suatu pihak kepada pihak lain dengan gambar, kata-kata atau kombinasi antara keduanya. Tetapi pada kenyataannya poster dibedakan akan berbagai macam tergantung tujuan pembuatannya. Dan inilah 10 macam poster berdasarkan tujuan pembuatannya:
- Memberikan semangat untuk berjuang didalam kehidupan (Poster Propaganda)
- Mencari simpati kepada masyarakat umum (Poster Kampanye)
- Mencari orang yang hilang atau pekerja yang akan dipekerjakan (Poster Dicari)
- Menarik perhatian masyarakat umum (Poster Cheesecake)
- Mempopulerkan sebuah film yang akan ditayangkan (Poster Film)
- Mempopulerkan buku-buku komik ketika diterbitkan (Poster Komik)
- Memotivasi para pembacanya untuk menjadi lebih baik (Poster Afirmasi)
- Mempromosikan kegiatan riset kepada masyarakat umum (Poster Riset)
- Memberika motivasi kepada siswa-siswi yang ada didalam kelas (Poster Kelas)
- Mempromosikan barang dan jasa kepada konsumen (Poster Komersil)
0 comments:
Post a Comment