Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Mengenal Macam-macam Poster

Macam-macam poster sangatlah beraneka ragam, akan tetapi memiliki satu kesamaan yaitu sifatnya yang mengajak atau membujuk masyarakat untuk melakukan sesuatu seperti yang "disuarakan" dalam poster. Tentunya kita lebih sering melihat poster niaga yang menjual barang dan jasa perusahaan atau poster kampanye ketika menjelang Pemilu atau Pilkada. Sebenarnya poster tidak hanya sebatas itu, masih ada poster-poster dengan isi dan tujuan lain. Dan inilah macam-macam poster yang biasa kita jumpai.

Source : https://www.flickr.com/photos/30999076@N05/3010241436/

Macam-macam Poster Berdasarkan Isinya

  1. Poster Kegiatan, yaitu poster yang isinya memberitahukan orang lain mengenai suatu kegiatan. Umumya dalam poster tersebut terdapat nama, tempat, dan waktu kegiatan yang akan diadakan tersebut.
  2. Poster Layanan Masyarakat, merupakan poster yang dalamnya berisikan informasi seputar pelayanan pemerintah kepada masyarakat setempat seperti dalam hal pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.
  3. Poster Niaga, adalah poster yang isinya bujukan, rayuan, dan juga informasi tentang barang atau jasa yang adakan ditawarkan oleh perusahaan. Poster seperti ini seringkali kita dijumpai dimall-mall.
  4. Poster Pendidikan, ialah poster yang isinya seputar pendidikan atau semangat pendidikan seperti "Wajib Belajar 9 Tahun" yang banyak kita jumpai ditempat-tempat umum seperti alun-alun dan sekolah.


Macam-macam Poster Berdasarkan Tujuannya

  1. Poster Afirmasi, yaitu poster yang tujuan dibuatnya adalah untuk memotivasi orang lain agar bisa sukses dikemudian hari. Poster ini umumnya banyak terdapat dalam bidang bisnis, pengembangan diri, dll.
  2. Poster Cheesecake, merupakan poster yang dibuat dengan tujuan menarik perhatian publik dengan membuat poster bergambar artis-artis terkenal, selebrity Hollywood, rock star dunia, dan lain-lain.
  3. Poster Film, adalah poster yang memiliki tujuan untuk mempromosikan sebuah film kepada masyarakat umum. Jika kita menonton film dibioskop, kita akan menemukan poster-poster film berjajaran.
  4. Poster Kampanye, ialah poster yang tujuan pembuatannya untuk mencari simpati dari khalayak ramai. Pada umumnya poster ini banyak ditemukan ketika akan menjelang Pemilu dan Pilkada.
  5. Poster Kelas, yaitu poster yang dibuat dengan tujuan memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa agar rajin dan giat belajar. Poster ini tidak hanya ada disekolah, tetapi juga ditempat bimbel misalnya.
  6. Poster Komersial, merupakan poster yang memiliki tujuan untuk mempromosikan barang dan jasa sebuah perusahaan kepada masyarakat. Poster jenis ini banyak dijumpai ditempat-tempat perbelanjaan.
  7. Poster Komik, adalah poster yang tujuan utama dibuatnya untuk mempromosikan buku-buku komik agar dapat dikenal masyarakat dan membuatnya menjadi populer ditengah masyarakat.
  8. Poster Propaganda, ialah poster yang dibuat dengan tujuan menyemangati dan memberikan dorongan kepada para pembacanya. Poster ini banyak dijumpai ketika zaman kemerdekaan Indonesia.
  9. Poster Riset, yaitu poster yang memiliki tujuan untuk menginformasikan kegiatan riset dan penelitian sehingga masyarakat umumnya mengapresiasikan kegiatan seperti hal tersebut.
  10. Poster Wanted, merupakan poster yang umumnya dibuat untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang orang hilang atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

0 comments: