Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Pengertian Iklan Serta Contoh Kongkritnya

Tahukah kamu apa pengertian iklan? Sebagian dari kita tentu tahu tentang iklan yang sering dijumpai didalam banyak media seperti televisi, radio, internet, dan lainnya. Tetapi tidak banyak yang mengenal pengertian atau definisi iklan yang sebenarnya yang banyak dikemukakan oleh ahli-ahli pemasaran. Dan ini adalah pembahasan singkat mengenai pengertian iklan serta contoh kongkritnya.

Source : https://www.flickr.com/photos/arjohnyabutii/4009561179/

Mengenal Pengertian Iklan

Pengertian Iklan

Banyak sekali para ahli pemasaran yang memberikan pengertian iklan, tetapi secara garis besar iklan didefinisikan sebagai proses memberikan informasi mengenai sebuah produk (baik itu barang atau jasa), layanan atau program suatu perusahaan atau organisasi kepada masyarakat umum secara nonpersonal (tidak personal) melalui media-media tertentu dengan membayar sejumlah biaya tertentu.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Pengertian iklan menurut situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia adalah bentuk dari komunikasi pemasaran yang digunakan untuk membujuk masyarakat agar melakukan sesuatu. Informasi-informasi yang disampaikan melalui iklan biasanya berbayar yang dilakukan melalui berbagai macam media seperti koran, majalah, tabloid, radio, televisi, blog, website, dan banyak media lainnya.

Baca Juga : Inilah Fungsi dan Pengertian Iklan
Pengertian iklan menurut Philip Kotler adalah suatu bentuk penyajian dan promosi mengenai sebuah ide, barang, dan jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor (perusahaan) tertentu yang memerlukan suatu pembayaran. Perlu diketahui bahwa Kotler merupakan ahli pemasaran terkemuka dunia yang banyak menulis buku-buku fenomenal seputar pemasaran, beliau juga seorang dosen sebuah universitas.

Pengertian iklan menurut Rhenal Kasali adalah sebuah pesan yang menawarkan suatu produk (baik barang maupun jasa) yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media. Perlu diketahui bersama bahwa Rhenald Kasali merupakan tokoh terkenal di Indonesia, beliau adalah akademisi dan praktisi bisnis dari Indonesia. Beliau juga merupakan guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Contoh Iklan

Source : https://www.flickr.com/photos/moneyzeal/4531554878/

Canon merupakan salah satu raksasa industri IT terkemuka didunia, salah satu produknya yang paling digemari masyarakat adalah kamera. Canon seringkali membuat iklan-iklan yang begitu keren salah satu contohnya adalah iklan Canon seperti gambar diatas. Makna dari iklan Canon tersebut kurang lebih bahwa hasil jepretan kamera Canon itu jelas tidak blur seolah-olah macan tersebut diam.


Salah satu contoh iklan paling fenomenal adalah iklan Volvo, kamu bisa melihat iklan tersebut diatas. Iklan yang berdurasi satu menit enam belas detik tersebut telah ditonton oleh lebih dari 75 juta pasang mata dari seluruh penjuru dunia. Iklan yang dibintangi oleh aktor kawakan Hollywood Van Damme itu mendemonstrasikan bagaimana stabil dan presisinya sistem pengemudian mobil tersebut.

Artikel Lainnya : Contoh Iklan Paling Kreatif Dalam Pemasaran

Nah itulah pembahasan singkat mengenai pengertian iklan yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran seperti Philip Kotler dan Rhenald Kasali. Selain itu dalam tulisan ini juga membuat contoh iklan yang keren baik dalam bentuk gambar maupun video. Perlu diketahui bahwa semakin menarik iklan maka semakin besar apresiasi masyarakat. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu-kamu semua.

0 comments: