Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Mengenali Fungsi dan Tujuan Iklan Di Media

Tentunya terdapat berbagai macam fungsi dan tujuan dari sebuah iklan yang tayang diberbagai media. Namun secara umum kita mengenalnya sebagai sebuah promosi perusahaan atas produk-produknya kepada khalayak ramai (masyarakat) melalui kanal-kanal tertentu seperti televisi, internet, radio, dan lain sebagainya. Dan tulisan ini akan membahas secara ringkas mengenai fungsi dan tujuan iklan.

Source : https://www.flickr.com/photos/radith_vw/6719530137/

Pengertian Iklan

Secara garis besar iklan didefisinikan sebagai sebuah proses untuk memberikan informasi mengenai sesuatu, umumnya adalah produk-produk perusahaan, kepada masyarakat umum dengan menggunkan media tertentu dan membutuhkan sejumlah biaya tertentu. Dewasa ini banyak sekali media yang bisa digunakan untuk melakukan periklanan seperti televisi, radio, majalah, koran, internet, website, blog, dan lainnya. Dan saat ini beriklan tidak selalu bayar (bisa gratis).

Seorang ahli pemasaran terkemuka asal Indonesia yang bernama Rhenald Kasali mengemukakan bahwa iklan adalah pesan yang menawarkan produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media masa. Perlu diketahui bahwa Rhenald Kasali merupakan akademisi dan praktisi bisnis yang amat terkenal dari Indonesia. Beliau juga merupakan salah satu guru besar ilmu manajemen di FEUI.

Baca Juga : Contoh Iklan Pemasaran Yang Begitu Kreatif
Fungsi Iklan

Terence A. Shimp yang merupakan seorang akademisi sekaligus praktisi terkemuka asal Amerika Serikat yang sangat ahli dalam komunikasi pemasaran mengemukakan bahwa periklanan memiliki fungsi penting, diantaranya:
  • Informing (memberikan informasi), memberikan pengetahuan kepada konsumen agar mereka sadar akan produk perusahaan tersebut.
  • Persuading (mempersuasi), memberikan bujukan-bujukan kepada masyarakat umum untuk mencoba produk yang diiklankan perusahaan.
  • Reminding (mengingatkan), memberikan stimulus-stimulus kepada masyarakat agar senantiasa ingat terhadap produk yang diiklankan tersebut.
  • Adding Value (memberikan nilai tambah), iklan harus bisa memberikan nilai tambah produk dan mempengaruhi persepsi konsumen (positif).
  • Assiting (mendampingi), salah satu fungsi utama dari iklan adalah mendampingi atau manfasilitasi upaya-upaya perusahaan lainnya.
Tujuan Iklan

Salah seorang akademisi dan praktisi yang ahli dalam bidang periklanan yang bernama Robert V Zacher pernah berujar bahwa iklan memiliki tujuan-tujuan tertentu, dan beberapa tujuan iklan tersebut diantaranya adalah:
  • Menyadarkan komunikan dan memberikan informasi mengenai suatu produk (bisa berupa barang, jasa, ide, dan lain sebagainya).
  • Berupaya menimbulkan rasa suka kepada diri komunikan atas produk yang diiklankan tersebut dengan memberikan prefensi-prefensi.
  • Meyakinkan konumikan akan kebenaran produk tersebut sehingga mereka berusahaan untuk memiliki atau menggunakan produk itu.
  • Dari sudut pandang konsumen, konsumen menjadi tahu informasi mengenai produk tersebut, baik harga, spesifikasi, fungsi, dll.

Nah itulah sedikit informasi mengenai fungsi dan tujuan iklan di media serta pengertian dari iklan tersebut secara garis besar dan menurut salah satu pakar pemasaran Indonesia yaitu Rhenald Kasali. Perlu kamu ketahui bahwa iklan senantiasa berkembang, oleh sebab itu kita harus senantiasa update informasi tentangnya. Semoga tulisan mengenai fungsi dan tujuan iklan ini bisa bermanfaat.