Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

5 Contoh Iklan Produk Paling Kreatif Dalam Pemasaran

Tentunya kita sering kali melihat contoh iklan produk tayang diberbagai macam media, baik itu di koran, majalah, televisi, radio, internet, atau media-media apapun. Meskipun demikian terkadang kita menemukan sebagian kecil dari iklan produk tersebut yang begitu kreatif dan menarik perhatian kita sehingga ingin menyimak iklan tersebut lagi dan lagi. Dan inilah pembahasan singkat mengenai contoh iklan produk paling kreatif yang pernah tayang dimedia-media.

Contoh Iklan Produk
Source : https://www.flickr.com/photos/117949683@N02/

Mengenal Lebih Jauh Seputar Contoh Iklan Produk

Pengertian Iklan Produk

Sama halnya dengan iklan kebanyakan, iklan produk dapat didefinisikan sebagai proses memperkenalkan suatu produk (barang dan jasa) dari perusahaan kepada konsumen (dalam hal ini adalah masyarakat) melalui suatu media tertentu yang memerlukan biaya tertentu. Saat ini banyak sekali media-media yang digunakan untuk beriklan seperti tv, radio, internet, majalah, koran, dan lainnya.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Phillip Kottler memberikan definisi iklan sebagai suatu bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Sedangkan definisi iklan menurut Rhenald Kasali adalah pesan yang mewanarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewah suatu media. Nah itulah dua definisi iklan menurut para ahli pemasaran.

Fungsi Dari Sebuah Iklan

Setelah tadi kita membicarakan pengertian iklan secara garis besar dan menurut para ahli pemasaran, sekarang ada baiknya kita mengetahui fungsi dari sebuah iklan. Mau tahu fungsi dari sebuah iklan? inilah beberapa diantaranya:
  • Menginformasikan produk (barang dan jasa) kepada masyarakat.
  • Menstimulus konsumen agar tertarik untuk membeli produk tersebut.
  • Mengingatkan masyarakat agar produk tetap dalam ingatan mereka.
  • Memberikan nilai tambah kepada produk yang dipromosikan tersebut.
  • Menfasilitasi perusahaan dalam hal komunikasi pemasaran.

Tujuan Perusahaan Beriklan

Perusahaan melakukan usaha (dalam hal ini adalah beriklan) tentu bukan tanpa sebab dan tujuan, ada tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh perusahaan dengan cara beriklan. Dan inilah tujuan iklan dari sebuah perusahaan:
  • Memperkenalkan produk atau merek perusahaan kepada masyarakat.
  • Memposisikan produk perusahaan didalam pasar (masyarakat)
  • Membujuk masyarakat untuk menggunakan atau membeli produk.
  • Mendorong terjadinya pembelian produk dari masyarakat.
  • Membina loyalitas konsumen terhadap produk atau merek perusahaan.
  • Menginformasikan hal-hal terbaru seputar perusahaan kepada masyarakat.
  • Meningkatkan citra perusahaan dimata konsumen dan masyarakat.

Contoh Iklan Produk Paling Kreatif

Contoh Iklan Produk Kreatif (Berupa Gambar)

Source : https://www.flickr.com/photos/gumorenos/4732767401/

Lays merupakan salah satu makanan ringan yang paling banyak digemari didunia, termasuk juga di Indonesia. Tidak jarang perusahaan tersebut membuat iklan yang terbilang kreatif, seperti pada contoh gambar diatas. Bagaimana menurut kamu tentang gambar iklan diatas? tentu kamu setuju kalau hal itu dibilang kreatif.

Source : https://www.flickr.com/groups/jeepads/

Jeep merupakan nama merk mobil terkemuka asal Amerika Serikat yang produknya (mobilnya) banyak dijumpai di Indonesia. Perusahaan tersebut seringkali membuat iklan dan salah satu yang iklan kreatifnya adalah seperti yang kamu lihat pada gambar diatas. Bagaimana pendapatmu mengenai iklan tersebut?

Source : https://www.flickr.com/photos/lightgangster/4276169892/

Craftman merupakan salah satu perusahaan peralatan terkemuka asal Amerika yang menyediakan berbagai macam peralatan rumah tangga, taman, kebun, dan semacamnya. Tentunya perusahaan tersebut seringkali beriklan, salah satunya seperti pada gambar diatas yang memperlihatkan keseriusan seorang pekerja.

Contoh Iklan Produk Kreatif (Berupa Video)




Volvo merupakan salah satu nama merek mobil terkenal, namun jenis truk lah yang lebih dikenal dari Volvo. Volvo pernah membuat iklan yang begitu kreatif yang dibintangi oleh aktor Hollywood, Van Damme. Iklan tersebut memperlihatkan begitu stabil dan presisinya sistem kendali pada mobil volvo berjenis truk tersebut.

Contoh Iklan Produk Kreatif Lainnya



Salah satu strategi dalam pemasaran adalah membuat iklan sekreatif mungkin sehingga masyarakat semakin tertarik untuk menyaksikan tayangan tersebut. Honda merupakan salah satu perusahaan yang seringkali membuat iklan-iklan yang kreatif, seperti yang bisa kamu saksikan pada video diatas, silahkan disimak.

Artikel Lainnya : Kumpulan Iklan Lucu Yang Akan Membuatmu Tertawa

Nah itulah pembahasan ringkat mengenai contoh iklan produk paling kreatif dalam pemasaran beserta penjelasan mengenai iklan itu sendiri dan fungsi serta tujuannya. Perlu kita ketahui bahwa membuat iklan produk dengan kreatifitas adalah sangat diperlukan, hal ini karena untuk menarik semakin banyak orang untuk melihat iklan yang ditayangkan tersebut. Terakhir, semoga tulisan mengenai contoh iklan produk ini bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

1 comments:

Unknown said...

aku bingung cara kerja nya ini !!! pening pala ku