Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Apa Itu Poster Kebersihan? Seperti Apa Contohnya?

Saya percaya banyak dari kita yang sering melihat poster kebersihan ditempat-tempat umum. Poster tersebut biasanya dipasang ditempat-tempat yang ramai dengan lalu lalang masyarakat dan rawan kotor seperti alun-alun kota, taman-taman kota, dan jalan-jalan protokol. Poster tersebut pada dasarnya dibuat untuk mengajak masyarakat luas untuk menjaga kebersihan lingkungan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas apa itu poster kebersihan dan seperti apa contohnya disekitar lingkungan kita?.

Source : https://www.flickr.com/photos/anirvan/105698161/

Apa Itu Poster Lingkungan?

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat sebelumnya bahwa poster lingkungan adalah poster yang dibuat dengan tujuan mengajak masyarakat untuk mencintai dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Poster ini umumnya dibuat dengan gambar-gambar yang menarik dan juga kata-kata ajakan yang sifatnya persuasif seperti "Mari Membuang Sampah Pada Tempatnya" atau "Mari Bersama Kita Jaga Kebersihan Lingkungan Kita". Dibawah ini adalah beberapa contoh dari poster kebersihan, check this out. 

Poster Kebersihan Berbahasa Inggris

Source : https://www.flickr.com/photos/nitinsarkar/324659055/


Poster kebersihan berbahasa Inggris diatas tergolong keren, perlu diketahu poster tersebut merupakan bentuk publikasi dan sosialisasi untuk menciptakan kota yang bersih dan hijau yang dibuat oleh organisasi yang bernama Green Indore Clean Indore di Indonesia. Dalam poster tersebut terlihat peta kota yang putih yang mengartikan bahwa kota tersebut bersih sedangkan sampahnya ada diluat peta tersebut yang mengartikan bahwa sampahnya sudah dikeluarkan dari kota tersebut.

Source : https://www.flickr.com/photos/socaljen27/3902945710/


Poster kebersihan diatas sangat baik untuk diperlihatkan kepada anak-anak, gambar-gambar poster seperti itu bisa mengajarkan anak-anak disekitar kita untuk senantiasa menjaga kebersihan dimanapun dia berada. Anak-anak tentu senang dengan gambar-gambar yang menarik seperti kartun, tulisan-tulisan simple, serta warna-warna yang terang, dan komposisi semua itu terdapat pada poster tersebut. So, mari kita jaga lingkungan kita agar tetap bersih.

Poster Kebersihan Berbahasa Indonesia

Source : http://decuiy.blogspot.com/2010/06/cuci-tangan-dan-kebersihan.html


Poster diatas merupakan kampanye untuk membiasakan hidup bersih sehingga hidup kita bisa menjadi lebih sehat yang di-organize oleh USAID (United States Agency for International Development). Poster tersebut mempublikasikan dan mensosialisasikan mengenai lima waktu penting untuk mencuci tangan menggunakan sabun yaitu sebelum makan, sesudah buang air besar, sebelum memegang bayi, sesudah menceboki anak, dan sebelum menyiapkan makanan.

Source : http://kiatsiswa.blogspot.com/2013/12/kebersihan-sekolah.html


Poster kebersihan diatas merupakan poster kebersihan yang ditujukan untuk membuat anak-anak semakin mencintai kebersihan dan menerapkan pola hidup bersih. Dari gambar pada poster tersebut kita sudah bisa menebak bahwa umumnya poster-poster semisal diatas terpasang dikelas-kelas PAUD atau TK dan kamar-kamar tidur anak-anak. Membiasakan anak menjaga kebersihan adalah amat penting karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.

0 comments: