Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Desain Poster Pendidikan dan Lingkungan Paling Inspiratif

Desain poster pendidikan dan lingkungan banyak hadir didekat masyarakat, maksudnya poster-poster dengan tema seperti itu banyak ditemukan ditempat-tempat umum seperti di jalan-jalan raya, alun-alun, lingkungan sekolah, dan tempat-tempat lainnya. Beberapa diantaranya merupakan poster-poster yang didesain dengan sangat kreatif, tentunya poster tersebut inspiratif dan sarat akan makna positif. Dan inilah beberapa contoh desain poster pendidikan dan lingkungan paling inspiratif, silahkan disimak baik-baik informasi yang satu ini.

Desain Poster
Source : https://www.flickr.com/photos/nickbygon/4275662202/?rb=1

Mengenal Lebih Jauh Seputar Poster

Pengertian Poster

Pengertian poster secara garis besar adalah sebuah media publikasi dan sosialisasi yang terdiri dari kata-kata, gambar atau gabungan antara keduanya yang dipasangkan atau diperlihatkan ditempat-tempat umum yang notabene ramai akan masyarakat. Dewasa ini kita bisa melihat banyak sekali poster ditempat-tempat yang kita lewati, tentunya dengan beragam motif seperti poster niaga untuk komersil, poster kampanye untuk menarik perhatian publik, dan lain sebagainya.

Apa Bedanya Poster dan Slogan?

Tentu keduanya berbeda, mudahnya poster merupakan sebuah media yang dibuat untuk mempublikasikan atau mensosialisasikan maksud dan tujuan tertentu sedangkan slogan merupakan kata-kata, kalimat, frase atau motto yang umumnya begitu powerful dan mudah diingat. Perlu diingat bahwa slogan bisa merupakan bagian dari poster jika poster itu memuatnya sebagai kata-kata didalamnya.

Poster Pendidikan Serta Contoh Desainnya

Poster Pendidikan

Lalu apa yang dimaksud dengan poster pendidikan? Poster pendidikan dapat diartikan sebagai poster yang isinya berhubungan atau tidak lepas dengan hal-hal yang berbau pendidikan, misalnya untuk memotivasi para pelajar agar giat belajar, untuk mendukung program pemerintah wajib belajar 9 - 12 tahun, untuk mendorong mutu dan kualitas staff pengajar, dan lain sebagainya. Poster pendidikan banyak dijumpai di sekolah, kampus, dinas pendidikan dan instansi pendidikan.

Contoh Desain Poster Pendidikan

Poster Pendidikan
Source : https://www.flickr.com/photos/venosdale/5974107265/

Gambar diatas merupakan salah satu contoh desain poster pendidikan yang inspiratif banget, tentu kamu setuju dengan pernyataan tersebut, bukan begitu? Poster yang sebenarnya simple tersebut mensosialisasikan bagaimana sikap kita ketika berada didalam kelas seperti menghormati orang lain, melakukan yang terbaik ketika belajar, bertindak sebagai sebuah tim, belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya, menciptakan sesuatu, dan merayakan kesuksesan orang lain. Poster seperti gambar diatas sangat baik ditempelkan di dinding kelas.

Poster Pendidikan
Source : https://www.flickr.com/photos/lawunhas/sets/72157631054504624/

Sebelum menjelaskan poster pendidikan diatas saya ingin menanyakan bagaimana menurut kamu tentang poster diatas? Kalau menurut saya poster tersebut begitu menarik dengan isi yang kuat dan desain gambar yang oke punya. Poster tersebut termasuk poster jenis propaganda yang bertujuan untuk mengajak, merayu, dan menghimbau masyarakat untuk mendukung gerakan tersebut yaitu gerakan yang kontra (tidak setuju) dengan adanya Undang Undang Pendidikan Tinggi.

Bagaimana Menurut Kamu Tentang Dua Contoh Poster Pendidikan Tersebut?

Poster Lingkungan Serta Contoh Desainnya

Poster Lingkungan

Setelah menjelaskan poster pendidikan diatas beserta dengan contoh-contohnya yang begitu inspiratif, sekarang kita bahas mengenai poster lingkungan. Tentu kamu tidak asing lagi dengan poster lingkungan, iya kan? poster-poster seperti ini dan sejenisnya banyak bertebaran ditempat-tempat umum seperti di jalan-jalan, alun-alun, taman-taman kota, dan lainnya. Sebenarnya poster ini hanya memiliki satu tujuan saja, yaitu menyadarkan masyarakat untuk senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar kita. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?

Contoh Desain Poster Lingkungan

https://www.flickr.com/photos/nipasir/6120606396/
Source : https://www.flickr.com/photos/busybea/2436715898/

Kalau kita teliti lagi gambar poster tersebut, maka kita bisa menyimpulkan bahwa poster tersebut dibuat bukan dengan cara dicetak, melainkan dengan cara dibuat dengan tangan (digambar dan ditulis). Poster bertemakan lingkungan tersebut menghimbau kepada kita semua untuk membantu menyelamatkan lingkungan dengan cara-cara yang relatif mudah yang mana bisa kita lakukan seperti misalnya mendaur ulang barang, tidak menggunakan kertas secara berlebihan, tidak menyakiti binatang-binatang, dan membuang sampah hanya pada tempatnya.

https://www.flickr.com/photos/nipasir/6120606396/
Source : https://www.flickr.com/photos/nipasir/6120606396/

Poster diatas senada dengan poster lingkungan yang dibahas sebelumnya, namun poster ini dibuat dengan cara dicetak dan tidak ditulis atau digambar. Poster dengan tema lingkungan ini menghimbau kepada kita untuk mencinta bumi yang kita tempati ini. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan melestarikan bumi yang menjadi tempat tinggal kita ini seperti memilah-milih sampah, menghemat penggunaan listrik, menghemat penggunaan air, menggunakan kendaraan umum, mencintai bumi dan alamnya, menghemat penggunaan kertas, menanam pohon, mengurangi penggunaan plastik, dll.

Bagaimana Menurut Kamu Tentang Dua Contoh Poster Lingkungan Tersebut?

Nah itulah pembahasan mengenai poster pendidikan dan lingkungan yang seringkali kita lihat terpasang ditempat-tempat yang kita lalui. Dalam artikel ini juga kita bisa melihat atau membaca pengertian poster, pengertian poster pendidikan, pengertian poster lingkungan, contoh poster pendidikan dan juga contoh poster lingkungan. Semoga tulisan ini memberikan manfaat kepada kamu semua.



0 comments: