Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Pengertian Pamflet Beserta Contohnya

Tentu banyak dari kita yang pernah mendengar atau melihat secara langsung bentuk dari pamflet, tapi apa pengertian pamflet sesungguhnya dan bagaimana contoh bentuk sebuah pamflet? Pamflet banyak kita jumpai ditempat-tempat umum, selebaran-selebaran seperti itu dibagikan secara gratis kepada masyarakat luas. Untuk mengenal lebih jauh seputar pamflet, maka simaklah informasi berikut.

Source : https://www.flickr.com/photos/aveef/6519899755/

Pengertian Pamflet

Pengertian pamflet menurut situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia adalah sebuah tulisan yang dapat diserta dengan gambar ataupun tidak, tidak disampul atau dijilid, dan pada umumnya berupa selebaran. Pamflet ini sudah lama digunakan sebagai media yang memberikan informasi. Saat ini media seperti ini banyak digunakan perusahaan karena biaya yang murah dan mudah dibuat.

Ada juga yang memberikan pengertian pamflet sebagai sebuah selebaran yang memuat informasi-informasi tertentu yang dibuat oleh perusahaan atau organiasasi dan ditujukan kepada masyarakat luas. Untuk menjangkau lebih banyak orang, maka pamflet umumnya dibagikan atau dipasang ditempat-tempat umum. Pada umumnya pamflet dibuat dalam ukuran A3 (21 x 29,7 cm) dan A4 (29,7 x 42 cm).

Baca Juga : Contoh Pamflet Paling Keren
Ciri-ciri Pamflet

Sebagaimana media publikasi yang lainnya, pamflet pun memiliki beberapa karakteristik atau ciri-ciri yang membedakannya dengan media publikasi yang lain. Dan inilah beberapa ciri-ciri sebuah pamflet yang wajib kamu tahu:
  • Pada umumnya menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan persuasif.
  • Ditulis dengan jelas (huruf cetak) supaya mudah terbaca.
  • Tema-tema yang digunakan pada umumnya yang aktual (up to date).
Macam-macam Pamflet

Perlu kamu ketahui bahwa pamflet tidaklah sama, pamflet tidak hanya satu macam saja, pamflet memiliki berbagai macam jenis. Dan inilah beberapa macam pamlet yang sering kita jumpai:
  • Pamflet Politik, bertujuan untuk menarik perhatian pemilih.
  • Pamflet Pendidikan, bertujuan untuk kepentingan sekolah atau pendidikan.
  • Pamflet Niaga, bertujuan untuk kepentingan komersial (berjualan).
  • Pamflet Seni dan Budaya, bertujuan untuk kegiatan seni dan budaya.
Contoh Pamflet

Source : https://www.flickr.com/photos/28258681@N03/3085889532/

Gambar diatas merupakan salah satu contoh pamflet yang sering kita jumpai. Pamflet tersebut merupakan pamflet kegiatan, artinya pemflet tersebut menginformasikan tentang suatu kegiatan seperti tema acara tersebut, pembicara dalam acara tersebut, serta waktu dan alamat tempat diadakan kegiatan itu.

Source : https://www.flickr.com/photos/agrd_sn/3824506329/

Gambar diatas juga merupakan salah satu contoh pamflet yang sering kita lihat, pamflet seperti itu banyak terdapat didalam mading sekolah atau kampus. Pamflet tersebut mengkombinasikan antara teks dengan gambar. Kita bisa lihat bahwa pamlet tersebut sangat menarik dengan gambar dan desain yang oke banget.

Artikel Lainnya : Desain Brosur Paling Keren

Nah itulah pembahasan singkat pengertian pamflet beserta contohnya yang keren-keren, didalam artikel ini juga kamu bisa mengetahui syarat dari sebuah pamflet serta ciri-ciri atau karakteristiknya. Perlu diketahui bahwa pamflet merupakan media publikasi yang termasuk banyak digunakan karena murah biayanya dan mudah pembuatannya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu-kamu semua.

0 comments: