Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Mengenali Pengertian Brosur Serta Fungsinya

Saya yakin sebagian dari anda pernah melihat brosur, benar begitu? Sekarang marak sekali pembagian brosur yang dilakukan ditempat-tempat umum, utamanya adalah brosur untuk kepentingan niaga atau komersil seperti brosur motor, brosur mobil, brosur produk-produk elektronik, dan masih banyak lagi brosur-brosur lainnya. Tapi apakah anda tahu apa itu brosur dan apa fungsinya? Mari kita simak pembahasan singkatnya mengenai pengertian brosur serta fungsinya dibawah ini:

Source : https://www.flickr.com/photos/60821202@N02/6664302659/

Pengertian Brosur

Pengertian brosur menurut situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia adalah media publikasi yang diterbitkan secara tidak berkala (tidak reguler) yang terdiri dari beberapa halaman (umumnya sedikit) yang memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, profil instansi, profil sekolah, atau yang lainnya sebagai sarana untuk beriklan atau berpromosi.

Pengertian brosur lainnya adalah sebuah media yang digunakan untuk pemasaran (iklan atau promosi) yang dibagikan secara gratis dan tanpa daftar yang bagus digunakan oleh para konsumen untuk mengetahui keunggulan-keunggulan suatu produk (barang atau jasa). Brosur ini dibuat oleh produsen dengan tujuan memudahkan para konsumen untuk mengenali kelebihan-kelebihan sebuah produk.

Pengertian brosur lainnya adalah sebuah media atau alat promosi yang dicetak (umumnya dari kertas) yang berisikan informasi mengenai suatu penawaran (kelebihan-kelebihan) suatu produk, layanan, program atau apapun itu yang ditujukan untuk sasaran pasar atau pelanggan tertentu. Brosur ini dibagikan secara gratis (cuma-cuma) sebagai upaya produsen dalam hal pemasaran dan promosi.

Baca Juga : Kenali Definisi Brosur dan Ciri-cirinya
Fungsi Brosur

Sesuatu yang dibuat tentu memiliki fungsi dan peranannya, begitu juga dengan brosur. Fungsi dari brosur adalah memberikan penjelasan dan pemahaman tentang suatu produk, layanan, program yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen. Brosur digunakan sebagai alat pelengkap promosi karena media-media lain memiliki keterbatasan dalam hal menyampaikan atau waktu yang begitu singkat sehingga belum tentu konsumen memahami apa yang dijelaskan dalam media itu.

Contoh Brosur Berbahasa Indonesia

Source : https://www.flickr.com/photos/26271675@N08/3751246183/

Gambar diatas merupakan sebuah contoh brosur yang berbahasa Indonesia, brosur diatas merupakan brosur sebuah program bimbel dari Amanah n' Smart. Dari brosur tersebut kita bisa melihat kelebihan-kelebihan yang ditawarkan bimbel tersebut.


Contoh Brosur Berbahasa Inggris

Source : https://www.flickr.com/photos/46387397@N04/5045607125/

Gambar diatas merupakan sebuah contoh brosur berbahasa Inggris, kita bisa melihatnya bahwa itu merupakan brosur salah satu produk unggulan Apple, yaitu iPad. Brosur tersebut memuat banyak sekali keunggulan-keunggulan iPad Apple.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai pengertian brosur serta fungsinya dan juga beberapa contoh brosur baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Perlu diketahui bahwa brosur merupakan salah satu alat pemasaran (iklan dan promosi) yang efektif untuk memberitahukan atau menginformasikan seputar keunggulan-keunggulan sebuah produk. Semoga informasi yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kamu-kamu semua dan menambah wawasan seputar brosur. 

0 comments: