Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Mengenali Definisi Brosur Serta Ciri-cirinya

Tentu ada pernah melihat bentuk rupa dari sebuah brosur, ya kan? Saat ini banyak sekali seseorang atau sekelompok orang yang membagikan brosur-brosur ditempat-tempat umum seperti mall-mall, pasar-pasar, alun-alun, dan tempat-tempat ramai lainnya. Sebagian besar dari brosur-brosur tersebut adalah brosur untuk kepentingan niaga atau komersil seperti brosur tentang kendaraan bermotor dan alat-alat elektronik. Tapi apakah kamu semua tahu apa definisi brosur dan bagaimana ciri-ciri? Untuk itu, mari simak baik-baik informasi berikut ini.

Definisi Brosur
Source : https://www.flickr.com/photos/93815316@N08/8532681907/

Definisi Brosur

Definisi brosur adalah sebuah media publikasi yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi (umumnya adalah perusahaan) dalam bentuk cetakan (kertas) yang didalamnya berisi informasi mengenai suatu produk, layanan atau program yang ditujukan untuk pasar tertentu atau orang tertentu yang dibagi-bagikan secara cuma-cuma (gratis) untuk memperkenalkan produk, layanan dan program tersebut. 

Definisi brosur lainnya adalah definisi yang dikeluarkan atau disampaikan oleh UNESCO. Definisi brosur dari UNESCO adalah sebuah terbitan tidak berkala (tidak diterbitkan secara reguler) yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali penerbitan), yang memiliki halaman paling tidak 5 halaman tetapi tidak lebih banyak dari 48 halaman, itu diluar perhitungan sampul yang ada.

Definisi brosur lainnya adalah definisi yang dikeluarkan atau disampaikan oleh KBBI, KBBI itu sendiri adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia. Definisi brosur menurut KBBI adalah selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap tentang suatu perusahaan atau organisasi. Maksudnya adalah informasi mengenai produk, layanan atau program suatu perusahaan atau organisasi.

Baca Juga : Contoh Brosur Paling Menarik Untuk Dilihat
Ciri-ciri Brosur

Layaknya sesuatu yang lainnya, brosur juga memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan media publikasi lainnya, dan inilah beberapa ciri dari sebuah brosur:
  • Umumnya memiliki pesan yang sifatnya tunggal.
  • Tujuannya memberikan informasi, membujuk dan mengajarkan masyarakat.
  • Hanya sekali diterbitkan (tidak reguler).
  • Harus bisa menarik dan mengambil perhatian masyarakat umum.
  • Distribusinya sendiri artinya perusahaan tersebut yang membagikannya.
  • Umumnya dibuat secara jelas dengan desain yang menarik.
Contoh Brosur Bahasa Indonesia

Source : https://www.flickr.com/photos/31780519@N02/8259571619/

Contoh brosur diatas merupakan brosur berbahasa Indonesia dari sebuah universitas swasta di Indonesia yaitu AMIKOM Surakarta (Solo). Dari brosur tersebut terlihat informasi mengenai kampus tersebut secara jelas (detail) seperti staff pengajar, bidang keahlian, prospek lulusan, alamat kampus, dan lainnya.


Contoh Brosur Bahasa Inggris

Source : https://www.flickr.com/photos/59662214@N06/5857479995/

Contoh brosur diatas merupakan sebuah brosur berbahasa Inggris dari sebuah hotel di Kota Ulvik, Distrik Hardanger, Norwegia, yaitu Hotel Ulvik. Melalui brosur tersebut pihak pengelola hotel berusaha untuk menginformasikan tentang hotel tersebut secara detail termasuk hotelnya, alamatnya, dan lain sebagainya.

Nah itulah pembahsan singkat mengenai pengenalan definisi brosur serta ciri cirinya dan juga contoh-contoh brosur baik yang berbahasa Indonesia ataupun yang berbahasa Inggris. Singkatnya brosur merupakan media publikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk berpromosi mengenai produk yang mereka tawarkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua dalam mengerjakan tugas. 

0 comments: