Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Apa Itu Poster Film? Seperti Apa Contohnya?

Untuk anda penggemar film tentu sering melihat poster film, poster tersebut umumnya terpampang disekitar bioskop-bioskop atau mall-mall. Jika kita mencermati lebih dalam, poster untuk film ini terlihat lebih keren ketimbang jenis poster lainnya seperti poster kesehatan, poster lingkungan dan poster anti narkoba. Salah satu alasannya adalah karena poster ini dibuat sedemikian rupa (sekeren mungkin) untuk menarik perhatian masyarakat banyak agar menonton film yang dipromosikan tersebut.

Poster Film
Source : https://www.flickr.com/photos/32570240@N06/3041787679/

Apa Itu Poster Film?

Poster film adalah poster yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah film kepada khalayak ramai agar film tersebut ditonton banyak orang. Poster untuk film dibuat semenarik mungkin dengan desain grafis yang keren dan kata-kata yang sugestif. Poster merupakan salah satu media strategis untuk mempromosikan sebuah film selain media lainnya seperti melalui iklan atau sosial media. Dan dibawah inilah contoh-contoh poster film baik dalam maupun luar negeri yang bisa kita cermati lebih dalam.

Contoh Poster Film Luar Negeri

Poster Film
Source : https://www.flickr.com/photos/9teen87/11607190255/


Sudah menjadi rahasia umum bahwa film-film yang dibuat Hollywood dipromsikan dengan biaya yang fantastis bahwa jumlahnya bisa lebih dari biaya produksi filmnya. Begitu juga dengan film yang dibuat oleh Disney, yaitu Frozen. Poster film Frozen diatas merupakan salah satunya, poster merupakan bagian dari alat promosi yang harus selalu ada. Perlu diketahui bersama bahwa pendapatan kotor film tersebut mencapai angka lebih dari 1,2 miliar dolar AS, wow luar biasa!

Poster Film
Source : https://www.flickr.com/photos/35782573@N06/4668579143/


Film superhero yang selau ditonton banyak umat manusia adalah Batman, salah satu filmnya adalah Batman Begins. Film tersebut dibuat dengan epicnya dan dipromosikan dengan hebatnya termasuk promosi melalui poster film. Poster film Batman Begins tersebut digambarkan Batman yang super keren dengan mengangkat wanita yang terluka. Publikasi melalui poster tersebut tentu memberikan andil kepada film yang pendapatan kotonya diperkirakan mencapai lebih 577 juta dolar AS tersebut.

Contoh Poster FIlm Dalam Negeri


Poster Film
Source : https://www.flickr.com/photos/radith_vw/6985635935/

Setelah memaparkan penjelasan mengenai poster-poster film luar negeri, sekarang giliran poster-poster film dalam negeri. Film Negeri 5 Menara merupakan salah satu film box office Indonesia dengan jumlah penonton hampir 2 juta pasang mata. Kalau kita lihat poster filmnya, poster tersebut terbilang keren, poster tersebut menggambarkan 6 orang santri dengan bayangan menara-menara yang merupakan simbol dimana dia mereka-mereka mengenyam pendidikan selanjutnya.


Poster Film
Source : https://www.flickr.com/photos/mendezm/7942719434/


Siapa yang tidak tahu film Ada Apa Dengan Cinta? Film yang dirilis ke publik tahun 2002 ini disebut-sebut sebagai tonggak kebangkitan film Indonesia setelah sekian lama mati suri. Kalau berbicara poster filmnya, tentu poster film Ada Apa Dengan Cinta begitu bagus. Posternya memperlihatkan tatapan Rangga dan Cinta yang membuat para penonton penasaran dengan jalan cerita filmnya. Film yang disutradarai oleh Rudy Soedjarwo itu keren banget dan sampai sekarang masih layak ditonton.

0 comments: